14 Oktober 2011

Alergi Pada Bayi


"Waduh, Zhaaqi langsung bentol-bentol setelah kukasi makan ikan" Berarti Alergi ni. (itu kata-kata saya dulu, sebelum saya tau bahwa reaksi seperti itu pada anak terhadap makanan yang dikonsumsinya ,belum tentu  tanda ALERGI).
Ternyata selain alergi, ada juga yang namanya intoleransi . Memang hampir sama, namun ada perbedaan dikeduanya. Seperti informasi yang saya baca di www.clubnutricia.co.id mengatakan bahwa ALERGI terjadi ketika sistem kekebalan tubuhmenurun karena bereaksi dengan alergen (zat pemicu alergi) dalam makanan dan membangun antibodi untuk menyerang alergen tersebut. Biasanya gejalanya akan muncul dalam waktu yang cepat (dalam hitungan jam). Reaksi dari Alergi ini biasanya berupa bersin, muncul ruam, bengkak di kulit (kalau yang pernah saya lihat dari kondisi Zhaaqi bentolnya muncul disekitar mata, lipatan leher dan belakang telinga). Ada juga yang mengalami muntah bakan sampai muntah.
Kalau INTOLERAN reaksinya hampir sama, namun penyebabnya bisa tidak terkait dengan sistem kekebalan tubuh. Keluhan utama yang dirasakan adalah perut terasa mulas.
Masih berdasarkan info dari clubnutricia, dikatakan bahwa tindakan yang bisa Bunda berikan untuk MENDETEKSI ALERGI pada bayi adalah membuat catatan harian mengenai makanan yang diberikan untuk bayi. Hal ini dapat membantu bunda mendeteksi makanan yang memicu alergi.Selama pengenalam MPASI, Bunda usahakan memberikan makanan yang sama pada bayi selama 4 hari berturut-turut . Hal ini juga akan membantu Ibu mendeteksi adanya reaksi alergi baru.Sedangkan untuk INTOLERANSI, karena sulit didiagnosis, maka sebaiknya Bunda segera menghubungi Dsa. 
Selain itu, saya juga baca di link-link yang saya share di bawah ini. Silakan dibaca, barangkali ada Bunda yang mengalami hal serupa seperti saya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar