7 Oktober 2009

BegO...namanya

Dari judulnya keliatan sangar kaaaaaaaannnnn (mata kedip-kedip mode on), yaiyalah katanya temenku yang pandai nulis, kalo mau tulisan kita di baca yach seminimal mungkin kita bisa buat judul yang unik.
alih-alih pingin buat judul yang unik, eh malah nemu judulnya yang lebih unik lagi alias SANGARRRR..hehehehe..watheverlaahhhh, yang penting nulisssssssssssss jalan teyuuuuuzzzz.

pas malam Rabu, tg 6 Okt'09, tepat pukul 20.20 wita. Messku ruame. bukan rame karena ada tamu, bukan pula rame karena ada grebekan polisi loh. Tapi rame karena ada keributan alias "jotos-jotosan" alias timpuk-timpukan.
alkisah di riwayatkan oleh sari sang penunggu mess yang sangatt manis (hehehhe, narsis abiz).. Seperti malam-malam yang telah berlalu, emang mess sejak kepindahannya dari alamat lama ke alamat Munthe sini, jadi agak ricuh ni. Soalnya yang dulunya nda pernah ada waker alias si penjaga malam, eh karena tempat mess nya gabung ma kantor (bersebelahan), makanya sang waker kantor sering banget "ngendon" di mess. Awalnya sih dia biasa ajah, tapi lama kelamaan rese' juga nih.
Bukannya mau mengintimidasi ataupun membeda-bedakan ras atau suku, tapi emang bener loh, di kantorku yang disini ini kentara banget ada 2 suku yang sering banget "bergejolak".

yaaaaa, itu semua terjadi karena pimpinan perusahaan yang aku tempati itu juga ada 2 orang yg berbeda suku. Udah gitu , hobbinya narikin saudara-saudaranya yang di kampung buat ikutan kerja disini. yang itu entah di kasih kerjaan sebagai sopir maupun waker.
antara Jawa dan Timor, itulah yang sering kusebut-sebut akhir-akhir ini. Nda mau membedakan kinerjanya, tapi emang tanpa di bedakan juga kentara banget gitu loh. Sang karyawan jawa sifatnya lebih adem, patuh, hormat lah kalo dengan atasan atau staff yang jabatannya lebih tinggi , dan itupun tanpa pandang bulu. Beda lagi ma karyawan timor, dia sifatnya lebih temperamen gitu. Kalo blogger's tau gimana nada bicaranya, pasti akan nyimpulkan kalo nada bicaranya itu nda sopan. Mau sopan gimana coba, wong ngomongnya nda pernah bisa kalem. Selalu bernada tinggi.
Nah, yang ingin kuceritakan di 'episode" kali ini adalah mengenai salah satu karyawan timor yang ada di kantorku. Dia seorang timor asli, karena emang asal muasalnya dari negeri timor sana. Dia disini diperkerjakan sebagai waker malam kantor. Karena memang sebenarnya sudah tidak ada bagian lagi yang cocok buat dia kerja. Dulu sich awalnya dia jadi sopir pribadinya bos perwakilan yang juga asli dari timor leste. Tapi karena dia sering membangkang, makanya dia dipindahkan jadi sopir kontraktor milik perusahaan yang ada di kebun. Tapi, lagi-lagi sang manager kontraktor juga tidak tahan dengan peringainya. Harusnya dia yang melaksanakan perintah, malahan dia yang sering kasih perintah ke bos. kan jadinya aneh (emang bego to??)
Akhirnya, karena tanggungan keluarganya sangat besar, maka bosku ngambil dia kembali untuk kerja di kantor dan dipilihlan dia sebagai waker malam kantor.
Pertama kali dia jadi waker di malam hari, eh di keesokan paginya kantorku malah kehilangan piring buat makan siang karyawan. dan kejadian seperti itu berlanjut trus loh hingga kantor pindah alamat ke alamat sekarang. Macam-macam lah yang hilang, mulai dari piring, gelas, sendok, trus kopi, trus bantal yang di mess, sampai pernah pula HP.
Tapi tiap kali ditanya, pasti dia nda mau ngaku (itu kali yang namanya maling , mana pernah mau ngaku..? padahal udah ketauan belangnya)
nge-les dan nge-les lagi, ngibul lagi eh ngibul lagi..tapi tetep ajah bos nda bisa ngeluarin orang satu ini. Ntah ada jampi-jampi apa dia, karena dari yang kuliat, dia ini sangat ditakuti ma bos loh (aneh kaaaannn?? atau bego juga >>>???)
kulanjutiiiiinnn critanya ya...
trus sejak kepindahanku di mess baru ini, dia malah makin menjadi. Kan awalnya dikantorku nda ngebolehin bahwa waker kantor nda boleh tidur di kantor. eh dianya malah jadikan keberadaanku sbg alasan untuk memudahkan dia bisa tidur di kantor. Katanya, karena aku takut kalo dia bersliweran didekat mess, makanya dia tidur dan jaga ny di dalam kantor saja. Padahal diluar semua itu, sebenernya dia itu pgn "nyuri-nyuri" telpon atau internetan di kantor.(karena pas di kantor yang lama, dia pernah kepergok gitu juga)..
Trus akhirnya, (puncaknya) adalah tadi malam. Karena pagi kemarin, si bos "ngonangi" atau meliat bekas sofa tamu yang dibuat tidur si waker timor itu masih berantakan di jam kantor, makanya bos saat itu juga nglarang si waker utk jaga di dalam kantor. Karena memang awalnya , dia nda boleh didalam kantor. Tugasnya hanya jaga di luar saja.
Karena malan tadi, yang ketemu adalah aku dan aku juga yang pas ada di luar kantor dan ketemu dia, makanya aku yang ditanya ma dia. "Kuncinya mana bu?" tanyanya padaku. "Nda ada, oiya Bos bilang kalo mulai malam ini kamu nda boleh lagi tidur di dalam kantor. Harus jaga yang bener. Kalo mau tidur, ya tidur di luar" tambahku.
eh dia malah jawab dengan nada amarah. Yang bilang semuanya itu tukang ngadulah, sampai-sampai semua nama hewan kebun binatang dikeluarkan dari mulutnya.
Kubiarkan saja dia ngomel panjang lebar di depanku dan kutinggal telpon dengan aa'ku. Terserah mau ngomong apa, yang penting aku udah njalankan amanat
eh, kukira sih setelah ngomel-ngomel , dia itu trus sadar gitu, ternyata malah salah dugaanku.
dia terus naik ke mess lantai 2 . dia mau nemui si OB ku yang jawa. Karena memang selama ini, yang pegang kunci semua pintu kantor adalh OB itu. dan mungkin si waker mikirnya, si OB yang ngadu ke bos terhadap peringainya itu.Makanya tadi malam, setelah aku kasih tau kalo dia nda boleh tidur dikantor, mungkiiiiiiiiinnn dia mikir kalo si OB yang ngadu. Makanya, dia langsung "nginclig" nemuin si OB untuk menghajarnya.
alhasil, ketemulah sang OB dengan sang Waker dilantai 2 yang ukuran serambinya cuman 0,5 meter lah. (cukup sempit banged)...Disitulah tempat pertengkaran tadi malam dimulai.
Aku sendiri hanya bisa denger suara hentakan kaki-kaki mereka di lantai kayu itu. Karena saat kejadian perkara, aku berada di lantai satu. Karena aku ketakutan, makanya aku lari ke kamarku.
Setelah aku masuk kamar, langsung ajah ku sms bosku untuk kasi kabar bahwa si waker barusan hantam si OB di lantai atas. Ahamdulilah, bosku cepet datang ke mess dan mengajak semuanya duduk bersama di satu meja.
Lucunya, si waker itu ngomong nda karuan. Padahal bos nda ada ngomong apa-apa loh apalagi ngomong untu "mecat" dia, eh si waker malah ngeyel kalo bos bilang udah mecat dia.
Habis itu, si waker malah marah-marahin si bos, " pak, kalo udah ngomong A, ya jangan ngomong B dan C, rugi sembahyang bapak kalo ngomongnya kayak gitu" begitu loh katanya  yang sempat kudengar dari balik dinding kamarku.
" Kalo kamu kerja disini udah nda mau diatur dan malah pengen ngatur, yaudah cari kerja ditempat lain ajah" kata bosku dengan sabar. Tapi lagi-lagi dia ngomel semau "udelnya". (emang dasar bego!! pikirku)
Pokoknya nda tau malu lah si waker itu. Ngomel nda tentu arah. dan anehnya lagi nda mau ngakuin kesalahannya.
moga-moga ajah , ada keputusan yang paling baik buat dia. Kalo SP3 kemarin nda di hiraukan, yach..langsung cabut ajah dari kantor...kan bereeszzz...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar